MillennialNews.id — Bangga rasanya sudah bisa melewati usia 17 tahun. Usia 18 hingga 30 tahun adalah masa transisi dari remaja menjadi dewasa. Sebagian masih dalam proses, ada yang masih menjadi mahasiswa, dan sebagian orang lain mungkin sudah mandiri di usia ini.

 

Di usia ini, kepercayaan yang diberikan lebih tinggi dan tentunya sudah mulai merencanakan masa depan, terutama dari sisi keuangan. Untuk membantu kamu merencanakan keuangan, perbankan di Indonesia sudah memiliki program khusus, namanya Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda).

 

Fasilitas yang ditawarkan lengkap karena tujuannya untuk memberikan edukasi kepada generasi muda di bidang produk keuangan, mulai dari tabungan, asuransi, hingga produk investasi. Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda) dibagi dalam tiga jenis investasi. Ini penjelasannya, seperti dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam fitur sikapi uangmu.

 

1. SiMuda InvestasiKu (Tabungan dan Reksa Dana)

 

SiMuda InvestasiKu adalah tabungan rencana yang memiliki fitur berinvestasi di reksa dana secara berkala dan pastinya dilindungi dengan proteksi asuransi. Selain menabung dengan cara konvensional di bank, SiMuda juga memberikan kemudahan untuk berinvestasi. Setoran awalnya sangat ringan mulai dari Rp100.000 dan setoran selanjutnya berbeda-beda pada tiap bank, cocok banget nih buat kamu yang baru mulai belajar berinvestasi.

 

Sebagai seorang berusia 18 sampai 30 tahun, menyisihkan uang Rp100.000 per bulan, tanpanya relatif ringan. Jika penghasilanmu sekitar Rp1 juta per bulan, kamu tinggal menyisihkan 10 persen dari penghasilanmu. Demikian juga jika kamu adalah seorang mahasiswa, mungkin tidak berat jika kamu menyisihkan sebagian uang bulanan dari orang tua untuk perencanaan keuangan di masa depan, sehingga pada saat sudah lulus nanti, setidaknya kamu memiliki bekal investasi.

 

2. SiMuda EmasKu

 

Selain itu, ada juga investasi dalam bentuk emas dengan nama SiMuda EmasKu. Program ini memudahkan para anak muda untuk memiliki emas melalui pembiayaan kepemilikan emas dengan menggunakan akad murabahah (jual beli). Emas memang investasi yang cukup diminati karena relatif tidak mengalami fluktuasi harga yang terlalu bergejolak. Bahkan, nilainya relatif terus naik setiap tahun.

 

Setoran rutin bulanan yang diberlakukan relatif sangat ringan minimal Rp50.000. Sedangkan, untuk setoran awal membuka rekening SiMuda EmasKu berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing bank. Jadi untuk mengetahui lebih pasti, kamu bisa segara kunjungi bank yang kamu incar.

 

3. SiMuda RumahKu

 

Siapa bilang memiliki rumah sendiri di usia muda mustahil? Siapa bilang memiliki rumah hanya untuk orang kaya dan berduit? SiMuda Rumahku hadir untuk memudahkan kamu yang masih muda melakukan perencanaan memiliki rumah sejak dini. Nanti akan ada tabungan rencana untuk mengangsur uang muka kredit pemilikan rumah (DP KPR).

 

Kendala yang paling banyak ditemui orang muda ketika membeli rumah adalah tidak memiliki uang muka (DP). Nah, program SiMuda RumahKu akan membantu kamu mengelola uang muka jika nantinya ingin memiliki rumah. Setoran rutin bulanan yang ringan minimal Rp100.000 dan tidak adanya biaya administrasi akan sangat membantu kamu yang ingin mempunyai rumah impian di masa depan. Bagaimana? Tetarik kah? Jika kamu tertarik, jangan ragu, segera kunjungi bank yang memiliki fasilitas inevstasi SiMuda RumahKU.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment