BAJAWA, MillennialNews.id – Kejutan mewarnai Pilkada Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Paulus Soliwoa yang selama masa penjaringan calon, menegaskan tidak akan maju di Pilkada Kabupaten Ngada pada 9 Desember 2020 karena akan pensiun, tiba-tiba menyatakan akan maju sebagai calon petahana jelang akhir (last minute) pendaftaran.

Paulus Soliwoa berubah sikap dan menggandeng Greg Upi Dheo sebagai pendampingnya. Pernyataan ini “membubarkan” deklarasi Greg Upi Dhewo sebagai calon bupati berpasangan dengan Anis Tay Ruba. Padahal, Greg Upi-Anis Tay telah mengantongi dukungan dari partai politik dan bahkan telah menyosialisasikan diri.

“Saya siap maju lagi sebagai balon Bupati mengikuti Pilkada Ngada, 9 Desember 2020 mendatang. Saya gandeng Greg Upi Dheo sebagai wakil bupati,” kata Paulus Soliwoa yang juga bupati Ngada ini, Minggu ( 5/7).

DPW Partai Nasional Demokrat (NaDdem) NTT mendukung pasangan Paulus Soliwoa-Greg Upi Dheo dalam Pilkada Ngada, setelah merekomendasikan mereka.

Paulus Soliwoa membenarkan, semula sudah menyatakan tidak akan ikut mencalonkan diri dan memilih pensiun. Ia mengkalim karena desakan dan aspirasi yang kuat dari akar rumput, akhirnya memilih kembali mencalonkan diri.

“Benar, awalnya saya sudah menyatakan untuk tidak ikut mencalonkan diri untuk Pilkada Ngada. Namun desakan akar rumput begitu menguat, akhirnya saya memenuhi aspirasi mereka,” ujarnya.

Paulus Soliwoa mengatakan, politik sangat dinamis mengikuti semua dinamika yang terjadi. “Dengan kemungkinan-kemungkinan ini, saya memberanikan diri untuk menjadi bakal calon bupati. Saya memenuhi aspirasi masyarakat yang terus mendesak untuk saya maju sebagai calon bupati,” ucapnya.

Mantan wakil bupati dua periode dan bupati Ngada, itu menyebutkan, sampai saat ini telah mendapat dukungan Partai NasDem dan Partai Demokrat. “Dengan dukungan dua partai pengusung ini, kami optimistis memenuhi syarat pencalonan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Alex take Ofong, membenarkan, pihaknya telah memberikan dukungan kepada Paulus Soliwoa sebagai bakal calon Bupati Ngada.

“Kami segera merekomendasikan Paulus Soliwoa dan Gregorius Upi Dheo sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Ngada. Rekomendasi itu akan dikirim ke DPP Partai NasDem,” kata Alex.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment