BAJAWA, MillennialNews.id — Ketua Bawaslu RepubIik Indonesia, Abhan, SH.,MH mengunjungi Kabupaten Ngada, Sabtu (3/10/2020). Abhan berkesempatan bertatap muka langsung dengan Ketua Bawaslu Ngada bersama Komisioner, Pengawas Kecamatan (Panscam) se Kabupaten Ngada di Aula Hotel Virgo Bajawa.

 

Seperti dilaporkan PosKupang, Abhan memberikan penguatan kapasitas dan motivasi kepada semua komisioner Bawaslu dan Panscam agar optimis menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

 

Abhan mengatakan seorang pengawas harus semangat dan lebih banyak serta menguasai terkait dengan tugas, fungsi dan kewenangannya selama bertugas. Dia juga menegaskan selain itu harus terus melakukan koordinasi lintas lembaga, diskusikan dan carikan solusinya secara tepat dan benar serta tegas.

 

Pada tahapan kampanye Paslon hingga 5 Desember 2020, Bawaslu, Panwascam harus bisa melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan itu sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran oleh Paslon, tim kampanye atau tim pemenangan.

 

“Apa yang saya sampaikan bukan berarti kita pesimis tapi harus kita artikan ini warning dan kita tetap optimis apapun tantangan berat ini bisa kita lakukan, bisa kita lalui dan ini kita bisa buktikan kemarin di Pileg dan Pilpres. Kita harus optimis, kita bisa dan harus sukseskan Pilkada 9 Desember 2020,” tegas Abhan.

 

Abhan mengatakan Bawaslu, Panwascam harus bisa memberikan tidakan upaya pencegahan pelanggaran. Pandemi Covid-19 membuat semuanya berubah. Namun bukan hanya pencegahan pelanggaran Covid-19 saja tapi jangan lupa terkait subtansi pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Ia menegaskan dalam melakukan tindakan wajib melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait. Seperti kepolisian, TNI dan lembaga lainnya.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Ngada, Bastian Fernandes, mengapresiasi dan menyampaikan selamat datang di Kabupaten Ngada.

 

Pria yang akrab disapa Basti ini mengungkapkan momen tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Bawaslu Ngada karena orang nomor satu di Bawaslu RI hadir di tanah Ngada.

 

Ia melaporkan sejumlah agenda kegiatan Bawaslu dan siap menyukseskan Pilkada Ngada 2020.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment