BAJAWA, MillennialNews.id — Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa menyebutkan pihaknya akan mengembangkan kawasan wisata Riung di Kecamatan Riung.

Bupati Soliwoa menerangkan saat ini pembangunan infrastruktur jalan sedang dibangun menuju Riung sehingga akses ke Riung lebih cepat dari Kota Bajawa.

“Kita datangkan investor disini. Kami tidak pikirkan PAD, kamu bangun dulu. Jalani dulu baru nanti kita bicara soal PAD. Sesuai peraturannya. Kami berbangga sekali disini, di Kota Kupang tidak ada bangun hotel Richarlton. Tapi kita di Ngada akan bangun tiga Richcalton. Tahun ini hotel Richarlton dibangun di Bajawa,” ungkap Bupati Soliwoa, saat menerima kunjungan Wakil Pemimpin Umum Pos Kupang, Risdianto Tunandi, Pemimpin Perusahaan Pos Kupang, Erniwaty Madjaga, Biro Ruteng Pos Kupang Aris Ninu di Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Sabtu (22/2/2020).

Kata Bupati Soliwoa, Riung ke depan akan menjadi kawasan wisata terkenal dan tidak akan kalah dengan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat.

Pemandangan 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada

Pemandangan 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada

Pemkab Ngada komit untuk mempersiapkan Riung sebagai kawasan wisata yang bagus dan menjadi kawasan yang banyak digandrungi wisatawan.

Menurut Bupati Soliwoa Riung tidak kalah dengan Labuan Bajo. Saat ini Ngada menjadi penyuplai hortikultura ke Labuan Bajo. Semuanya itu berkat komitmen Pemda mendorong agar tanaman pertanian di wilayah Kabupaten Ngada harus organik.

Di Kabupaten Ngada saat ini sudah dikembangan Hortikultura organik dan bukan saja dipasarkan di Bajawa tapi se daratan Flores termasuk Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat.

“Orang itu tidak tinggal lama di Labuan Bajo. Tapi mereka itu lama tinggal di Bajawa karena tempat wisata di Bajawa atau di Ngada sangat variatif. Yang kedua kami, manfaatkan Labuan Bajo, kami penyuplai holtikultura organik. Kami penyuplai hortikultra organik ke Labuan Bajo,” ungkap Bupati Soliwoa.

Bupati Soliwoa menjelaskan di Riung memiliki binatang seperti Komodo yaitu Mbou dan disana memiliki jutaan Kelelawar.

“Kita mempersiapkan Riung. Kita memang tidak bisa mengejar Labuan Bajo. Di Riung itu ada Mbou, kedua jumlah puluhan Pulau. Setiap Pulau ada kekhasan masing-masing. Di Pulau Ontoloe ada Mbou dan Jutaan Kelelawar. Taman laut, kami tambah mawar laut. Kita mengejar memang tidak bisa. Apa yang kita jual kesana yaitu Hortikultura ke Labuan Bajo. Kami sebelumnya dari Bima. Kami mandiri sekarang soal Hortikultura,” jelas dia.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Pos Kupang, Risdianto Tunandi, mengatakan Pos Kupang sangat mendukung upaya Pemda Ngada untuk mengembangkan semua potensi yang ada melalui pemberitaan.

Risdianto menyampaikan terima kasih kepada Bupati Soliwoa yang telah bersedia menerima kunjungan tersebut.

Hadir juga dalam diskusi tersebut, Kepala Bappeda Ngada, Hilarius Sutanto dan Sekretaris Bappeda Ngada, Wilbo Rato. (poskupang)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment