BAJAWA, MillennialNews.id — Kursus bahasa Inggris gratis di Kampung Bena mulai diluncurkan pada Selasa, 16 Juli 2019. Sebagian besar peserta yang hadir adalah anak-anak Sekolah Dasar.

“Ada 30 orang, orang dewasa belum bisa ikut karena sedang mengikuti kegiatan ‘Tere Pudha Sa’o Adha di Kampung Bena, ungkap Fabi Kaju, tenaga pengajar bahasa Inggris.

Ia mengatakan pelajar SD yang hadir tersebut adalah utusan orangtua. Mereka sangat antusias dan senang belajar bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam mengikuti bimbingan dan latihan.

Pada awalnya Fabi bertanya soal motivasi mereka ikut kursus bahasa Inggris. Mereka dengan spontan menjawab: “Supaya kami bisa omong (bicara) dengan turis atau bule.”

Fabi menanggapi dengan mengatakan bahwa motivasi mulia ini perlu diwujudkan dalam keseriusan dan konsentrasi yang penuh dalam mengikuti kursus ini.

“Karena bahasa Inggris dewasa ini menjadi jembatan dalam berkomunikasi dengan siapa saja di dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dan pemersatu seluruh umat manusia di dunia,” ujar Fabi.

Keesokan harinya, tepatnya hari ini Rabu, 17 Juli 2019, ada penambahan jumlah peserta. Sebanyak 35 pelajar sekolah dasar mengikuti kursus bahasa Inggris di hari kedua.

“Semoga kedepannya bertambah lagi. Mereka tetap semangat dalam mengikuti kursus. Materi kedua ini tentang bagaimana menawarkan barang dagangan di Kampung Bena. Barang dagangan berupa pakaian adat dan souvernir,” ungkap Fabi.

Gregorius Upi Dheo (GUD) sebelumnya dalam pertemuan dengan warga Kampung Bena, berjanji menyediakan tenaga pengajar dan menyelenggarakan kursus bahasa Inggris gratis untuk masyarakat Kampung Bena, Kecamatan Jerebu’u.

Program ini dilaksanakan untuk menjawabi kebutuhan masyarakat Bena, di mana kampung tersebut merupakan kampung pariwisata yang banyak didatangi wisatawan, termasuk wisatawan asing. Kendala yang mereka hadapi adalah kurangnya pengetahuan bahasa Inggris sehingga sulit bagi mereka berkomunikasi dengan wisatawan asing.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment