MillennialNews.id — Memasuki ajaran baru Tahun 2020-2021 yang akan dimulai pada Senin, 20 Juli 2020 SMA Negeri 1 Bajawa sudah menyiapkan 2 metode pembelajaran.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bajawa, Jack Lengi saat ditemui media di halaman Smansa Bajawa pada Selasa, 14 Juli 2020 menyebutkan 2 metode pembelajaran yang akan diterapkan di Smansa antara lain metode tatap muka dan secara daring (online).

Pemilihan antara 2 metode pembelajaran ini sendiri atas pilihan orang tua siswa yang ditandai dengan pilihan dan penandatangan diatas meterai.

Jack menambahkan, bahwa untuk sistem online Smansa Bajawa menggunakan Google Class Room sedangkan untuk tatap muka, siswa tetap kesekolah dengan protokoler kesehatan yang sudah disiapkan pihak sekolah dan waktu pembelajaran hanya dilakukan selama 4 jam.

Orang tua siswa saat mendengarkan arahan dari Wali Kelas sebelum mengisi surat pernyataan.

Untuk pembelajaran secara online yang menggunakan Google Class Room, Jack menegaskan guru-guru di Smansa Bajawa sudah mengikuti pelatihan sehingga tidak ada kendala dalam memberikan materi kepada siswa nanti.

Selain itu menurut Jack sistem pembelajaran ini hanya dilakukan selama 3 bulan dan setelah itu dilakukan evaluasi yang mana jika dalam waktu 3 bulan Kabupaten Ngada tetap dalam situasi zona Hijau maka sistem pembelajaran ini bisa dilanjutkan tetapi apabila dalam masa 3 bulan Ngada berubah menjadi Zona Merah maka sistem pembelajaran akan menggunakan sistem Online tanpa ada tatap muka.

Marta Dimur, salah satu orang tua siswa yang memilih anaknya untuk tetap belajar dengan metode tatap muka menyampaikan bahwa alasannya karena ia keberatan dengan biaya untuk pulsa data yang bisa menghabiskan 100.000 lebih dan mengingat jaringan di tempat tugasnya yang sangat tidak mendukung.

Di tempat yang sama, Evi Adolfina yang memilih anaknya untuk mengikuti sistem pembelajaran secara online karena menurut Evi ketika anak keluar dari lingkungan rumah potensi tertular Covid-19 lebih rentan dan ketika anak belajar dirumah ia bisa langsung mengontrol anaknya dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

Pantauan media untuk hari kedua dilakukannya penandatangan persetujuan orang tua yang diikuti orang tua siswa dari kelas XI mereka sangat antusias, dan sebelum mengisi pernyataan tersebut orang tua mendengar penjelasan dari masing-masing wali kelas siswa itu sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment